Bikin Gak Nyaman, Ini Penyebab Umum Keputihan Gatal! - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Bikin Gak Nyaman, Ini Penyebab Umum Keputihan Gatal!

[

Digitren – Gatal adalah kejadian umum ketika cairan dilepaskan dari vagina. Gatal dapat terjadi dalam berbagai cara.

Salah satunya adalah kondisi seperti jamur, bakteri dan parasit. Selain gatal, keputihan juga bisa menimbulkan masalah seperti nyeri, kemerahan dan bengkak di sekitar vagina.

Karena penyebab gatal pada vagina bisa berbeda-beda, maka pengobatannya pun berbeda. Oleh karena itu, agar dapat ditangani dengan baik, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab keputihan.

Menurut berbagai sumber, inilah daftar penyebab keputihan.

Baca lebih lajut:
Cara Menghilangkan Gatal Gatal Di Vagina

1. Infeksi bakteri
Infeksi dapat terjadi ketika ada lebih banyak bakteri jahat daripada bakteri baik di dalam vagina. Infeksi seringkali disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berganti pasangan, berulang kali menggosok alat kelamin dengan sabun dan air, dan tidak membersihkan alat kelamin.

Gatal tidak terbatas pada keputihan ketika Anda memiliki infeksi bakteri. Gejala umum termasuk keputihan berwarna abu-abu, putih, atau hijau, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan keputihan berbau busuk.

Namun tidak semua wanita mengalami gejala tersebut. Ada kalanya infeksi awalnya tidak diketahui karena tidak ada gejala yang terlihat.

2. Infeksi jamur
Vagina biasanya mengandung ragi atau ragi yang tidak menimbulkan masalah kesehatan. Ketika ragi tumbuh di luar kendali, Anda berisiko terkena ragi atau herpes genital.

Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kombinasi antibiotik, kehamilan, diabetes kronis dan sistem kekebalan yang melemah.

Baca lebih lajut:
Waspadai keputihan karena lendir di anus bisa jadi pertanda kanker dubur!

Makan makanan manis sering, hormon tubuh Anda seimbang, dan kecemasan dan insomnia dapat menyebabkan infeksi.

Infeksi jamur vagina ditandai dengan gejala seperti gatal-gatal, keputihan berwarna abu-abu atau putih seperti keju cottage, area vagina bengkak dan merah, rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil serta nyeri saat berhubungan seks.

Adanya infeksi jamur menyebabkan gatal dan gangguan keputihan. Jika diobati dengan cepat, gejala infeksi ringan umumnya akan membaik dalam waktu kurang dari tujuh hari.

3. Trikomoniasis
Infeksi ini disebabkan oleh sel bersel tunggal atau protozoa yang dapat ditularkan melalui seks anal, seks vaginal atau oral.

Jika pasangan Anda tidak menyadari penyakit ini, ia dapat mengembangkan trikomoniasis.

Jika Anda memiliki banyak pasangan seksual, tidak pernah memakai kondom saat berhubungan seks, memiliki riwayat infeksi tertentu dan pernah menderita trikomoniasis di masa lalu.

Pada wanita, trikomoniasis dapat menyebabkan keputihan berwarna putih, abu-abu, kuning, atau hijau. Keputihan juga menyebabkan gatal pada vagina.

Area genital umumnya memerah dengan sensasi terbakar. Penyakit ini juga menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual dan buang air kecil.

4. Saluran kemih
Gonore adalah penyakit yang menyerang alat kelamin, anus dan tenggorokan. Infeksi ini paling sering terjadi pada orang muda antara usia 15 dan 24 tahun.

Anda salah mengira bahwa gonore adalah penyakit yang hanya menyerang pria. Ulkus lambung atau peptikum: Ini dapat mempengaruhi wanita melalui seks vaginal, anal dan oral.

Gatal pada wanita merupakan salah satu gejala keputihan. Selain itu, gejala lain termasuk rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil, keputihan yang berlebihan, dan pembekuan darah di antara siklus menstruasi.

Oleh karena itu, penjelasan mengenai penyebab gatal pada vagina. Jika tidak membaik, Anda harus mengunjungi dokter. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan vagina agar tidak gatal.

Kontributor berduka- Alan Aliarcham

Sumber artikel : https://www.suara.com/health/2022/01/06/205032/bikin-gak-nyaman-ini-penyebab-umum-keputihan-gatal

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.