Bersholawat kepada Sahabat Nabi, ini Penjelasan Mufti Mesir - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Bersholawat kepada Sahabat Nabi, ini Penjelasan Mufti Mesir

[

Tujuan bersholawat kepada sahabat Nabi SAW yakni sebagai doa.

digitren.id, JAKARTA – Mufti Mesir, Syekh Dr Syawqi Allam, salah satu anggota rombongan mengaku senang bisa berbagi kabar dengan Nabi Muhammad SAW. Dia mengatakan, tujuan bersholawat kepada sahabat Nabi SAW yakni sebagai doa.

Karena, doa memiliki keutamaan sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah At-Taubah ayat 103: “Ambillah zakat dari harta mereka, membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Maha Mengetahui.”

Maka dari itu, yang dimaksud adalah berdoa untuk mereka (para sahabat Rasulullah SAW), bukan sholawat sebagaimana diyakini sebagian orang, “kata di seperti dilansir ElbaladRabu (6/4/2022).

Syekh Syawqi melanjutkan, berdasarkan ayat tersebut, tidak ada masalah dalam mendoakan para sahabat Nabi Muhammad SAW. Karena itu, dia, mendoakan para sahabat Nabi SAW itu dibolehkan dan tidak termasuk perkara yang bid’ah.

Syekh Syawqi pun menceritakan kisahnya, mengaku takut mendukung Nabi SAW. Dalam Shahih Bukhari dijelaskan mengenai para sahabat yang ingin mengetahui bagaimana cara bershalawat kepada Rasulullah SAW.

Lalu Nabi SAW menjawab, “Ucapkanlah ‘ALLAHUMMA SHALLI’ ALAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA SHALLAITA’ ALAA AALII IBRAHIM INNAKA HAMIIDUM MAJIID. .

Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan, (HR.Bukhori)

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9wzn0313/bersholawat-kepada-sahabat-nabi-ini-penjelasan-mufti-mesir

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.