Berapa Lama Masa Nifas dalam Islam? - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Berapa Lama Masa Nifas dalam Islam?

[

Umumnya, nifas terjadi dalam rentang waktu tertentu.

digitren.id, JAKARTA – Dalam terminologi fikih, nifas adalah nama bagi darah yang keluar dari rahim perempuan karena lahir. Umumnya, nifas terjadi dalam rentang waktu tertentu sebagaimana yang dilakukan oleh para ulama fikih. Jabir berkata, Rasulullah SAW menetapkan waktu 40 hari bagi perempuan-perempuan yang nifas.

Abdul Qadir Muhammad Manshur dalam kitab Panduan Shalat An-Nisaa menjelaskan, masa nifas panjang dan terpendek ditetapkan berdasarkan ijtihad para mujtahid. Tidak ada satu hadis pun tentang pemba tasannya yang dapat dijadikan pegangan.Oleh karena itu, perkara ini dikembalikan kepada kebiasaan, yaitu dengan memperhatikan kondisi-kondisi para perempuan yang menjalaninya.


Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid menjelaskan, para ulama berselisih pendapat mengenai masa nifas terpendek dan terpanjang. Imam Malik juga mendoakan agar batasan bagi masa nifas terpendek. Silahkan hubungi Imam Syafi’i.


Imam Abu Hanifah and the seraphim orang berpendapat bahwa masa nifas terpendek memiliki batasan. Imam Abu Hanifah menerima 25 hari, sedangkan Abu Yusuf menerima sahabat, dan Abu Abu Hanifah menerima 11 hari.

Adapun tentang masa nifas terpanjang, pada suatu kali Imam Malik mengatakan 60 hari. Kami baru menyadari bahwa kami harus pindah. Sementara itu, untuk menandatangani pos Imam Malik, Anda dapat mengubahnya.Pendapat itu dianut oleh as-Syafi’i.


Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9bra2313/berapa-lama-masa-nifas-dalam-islam

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.