Bank digital tawarkan bunga simpanan tinggi, begini kata LPS - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Bank digital tawarkan bunga simpanan tinggi, begini kata LPS

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Ketua Dewan Komisioner rbaya Yudihi Sadwa (kanan) pada Media Gathering LPS (11/12/2021).

Reporter: Ferica sari | Editor Herrina Kartika Dewey

KONTAN.CO.ID – Bandung Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tidak melarang bank digital menawarkan simpanan besar untuk menarik lebih banyak nasabah. Namun bank harus menginformasikan secara jelas kepada nasabah bahwa simpanan tersebut masih belum dijamin oleh LPS.

“Ini sah, tapi saya mengimbau bank-bank ini untuk memperhatikan, memberikan informasi yang jelas kepada nasabahnya, bahwa nasabah tersebut tidak sepenuhnya dijamin oleh LPS,” kata Dewan Pembina LPS Udidi Sadwa di Bangui, Sabtu. (11/12)

Oleh karena itu, masyarakat diminta mewaspadai risiko dan tidak mudah tergiur dengan suku bunga tinggi. Salah satunya adalah memilih bank yang menjamin simpanan LPS.

Ada tiga jenis simpanan nasabah di LPS atau dikenal dengan 3T. Pertama, dicatat dalam pembukuan bank. Kedua, suku bunga simpanan tidak melebihi suku bunga penjaminan LPS. Ketiga, jangan sampai bank gagal.

Baca juga: Pinjaman Online Tenor Panjang Tanpa Slip Gaji dan NPWP

Sementara itu, Sekretaris LMS Dimas Yuliharto mengatakan pihaknya menjamin seluruh partisipasi perbankan di Indonesia, termasuk bank digital LPS. Pelanggan dapat mengambil sebanyak yang mereka inginkan dan memahami risikonya.

“Fokus perbankan pada kontrol OJK dalam menawarkan suku bunga tinggi. Hanya menghimbau kepada nasabah LPS untuk mengingat ketentuan 3T,” ujarnya.

Hingga akhir tahun, LPS tetap akan menahan suku bunga antara September 2021 hingga 28 Januari 2022 di bank umum dan bank perkreditan rakyat.

Saat ini, suku bunga bank komersial dalam mata uang Rusia dan asing masing-masing adalah 3,50% dan 0,25%. Sedangkan suku bunga untuk BPR adalah 6,00%.

Diketahui, LPS menjamin hingga $2 miliar simpanan nasabah di satu bank. Tabungan meliputi deposito bunga, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan dan lainnya.

Hingga Oktober 2021, ada 1.742 bank peserta penjaminan LPS. Terdiri dari 107 bank umum dan 1.635 BPR.

Donasi, Dapatkan Voucher Gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan keinginan kami untuk memberikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Terima kasih atas perhatian Anda, ada voucher gratis untuk pembelian Selamat Toko.



Sumber : keuangan.kontan.co.id

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.