Bangga Banget! FKUI Jadi Fakultas Kedokteran Nomor 1 Indonesia - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Bangga Banget! FKUI Jadi Fakultas Kedokteran Nomor 1 Indonesia

[

digitren.id – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), yang berhasil menembus peringkat 201-250 dunia dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh The Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) berdasarkan subyek Medicine untuk 2022.

Sebagai satu-satunya fakodas kedokteran dari Indonesia yang berada pada peringkat tersebut, FKUI pun menempatkan diri sebagai Fakultas Kedokteran nomor 1 di Indonesia.

Di ASEAN, FKUI menawarkan koleksi fakultas edisi terbatas dari National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Mahidol University of Thailand dan University of Malaya (UM) Malaysia. FKUI diduduki oleh Universitas Chulalongkorn dari Thailand. Pemeringkatan pemeringkatan QS WUR berdasarkan Subyek yang didasarkan pada Overall Score, H-index Citations, Citations per Paper, Academic Reputation, dan Employer Reputation.

Pencapaian ini merupakan peningkatan yang sangat membanggakan. Untuk jangka waktu tersebut, FKUI harus dapat melihat QS WUR berdasarkan Subyek dari urutan 301-350 halaman 201-250. peningkatan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh sivitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, seperti peningkatan jumlah guru besaryak 50 guru besar FKUI dalam periode tersebut.

Baca Juga:
5 Hal yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Dekan FKUI, Prof. dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, menambahkan, strategi efektif mendukung FKUI salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah guru besar.

“Untuk mencapai puncak kelompok kerja, kita harus pergi ke Universitas Tri Dharma dengan mudah. Ia harus melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian, juga pengabdian kepada masyarakat. Seorang guru besar harus memiliki pendidikan minimal S3. “Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. Ari, saya dapat resume dari digitren.id.

“Hal ini memotivasi calon guru besar untuk melakukan bimbingan-bimbingan kepada peserta didik, termasuk pendidikan doktoral. Dengan demikian, karena pembimbing S3 semakin banyak, jumlah lulusan S3 semakin meningkat. Terbukti, saat ini 80% staf FKUI memiliki pendidikan terakhir doktoral, ”lanjut Prof. Ari.

Di sisi lain, mendorong sivitas untuk melakukan publikasi juga berdampak positif bagi FKUI. Saat itu, indeks Scopus FKUI mampu mencapai 1000 artikel per minggu. Ini adalah kesempatan besar untuk perguruan tinggi yang diakui secara internasional, meskipun Anda dapat menikmati publisitas internasional, bahkan jika Anda telah menginternalisasi magang perguruan tinggi.

Selain maskara maskulin, FKUI memiliki staf-staf yangng yang kuat, yaitu klinik subsisten, akademi dan lembaga pemasyarakatan, tetapi juga berkomunikasi dengan media massa. Karena, melalui para ahli dan pakar dari FKUI rekan jurnalis bisa mendapatkan informasi yang terpercaya. Komunikasi yang baik dengan media telah berhasil meningkatkan pemberitaan mengenai FKUI secara positif.

Baca Juga:
Sosiolog Universitas Hasanuddin: Cinta Segitiga Bisa Timbul Karena Perasaan Bosan

Ke sasaran, prof. Ari menargetkan untuk dapat menembus 200 besar dunia dalam periode empat tahun mendatang. Jika demikian halnya, 1) kampanye kesadaran publik internasional akan dipublikasikan di Scopus Q1 dan Q2; 2) mendorong kebangkitan riset menuju inovasi; 3) membangun reputasi internasional; dan 4) pengiriman diaspora FKUI ke kancah internasional.

IKUTI BERITA LAINNYA DI BERITA GOOGLE

Sumber artikel : https://www.suara.com/health/2022/04/19/060000/bangga-banget-fkui-jadi-fakultas-kedokteran-nomor-1-indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.