Beranda » Travel News » Aturan pembayaran JHT baru mungkin diperlukan hingga 10 tahun, tergantung pada ukuran ekonomi Okone

Jakarta – Menteri Tenaga Kerja Ida Fawziah telah menjamin pelaksanaan dana tersebut Asuransi Jiwa (JHT) Dengan prinsip kehati-hatian. Tujuannya agar peserta mendapatkan hasil yang maksimal.

Prinsip kehati-hatian ini sejalan dengan semakin banyaknya perusahaan yang pailit dan PHK dalam upaya pemerintah memenuhi program JHT.

Selengkapnya Program Asuransi Pengangguran akan mulai dilaksanakan tahun 2022

Besaran manfaat JHT tergantung dari akumulasi donasi dan hasil pengembangan, kata Ida Fawziah dalam Video Virtual, Selasa (16/11/2021).

Ida Fawziah Menurut Pasal 22 PP No. 46 Tahun 2015, jika peserta memiliki masa kepesertaan 10 tahun dalam persiapan pensiun dan maksimal 30% dari total JHT kepemilikan rumah, maka ia berhak atas sebagian manfaat. 10% dengan sumber dana lain untuk keperluan pribadi.

Baca juga cara bayar BPJS kerja online

Berdasarkan Pasal 25 disebutkan bahwa peserta JHT akan menerima MLT dari Lembaga Pembiayaan Perumahan dan/atau manfaat lain dari Dana Investasi JHT. Besaran pembiayaan akan diatur dalam PP No. 25 Tahun 2015.

“Hak JHT yang diatur dalam Pasal 32 PP ini tidak dapat dipindahtangankan, disita, atau disita oleh pengadilan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya siap melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 2021 tentang kemudahan penyelenggaraan jaminan sosial bagi Jamsostek. Antara lain, pertama-tama mengkaji, mengkaji dan merevisi aturan program Jamsosnaker. Kedua, meningkatkan pengawasan dan kepatuhan pengusaha terhadap program Jamsosnaker.

Ketiga, memastikan pelamar terlibat aktif dalam program Jamsosnaker untuk mengurus dan memperpanjang izin kerja. Keempat, menyediakan layanan distribusi dan pendaftaran serta membayar staf pengungsi Indonesia untuk program Jamsosnaker.

“Kelima, mendorong peserta diklat untuk aktif mengikuti program jaminan sosial,” ujarnya.

Sumber artikel : https://economy.okezone.com/read/2021/11/16/320/2502571/aturan-pencairan-jht-baru-bisa-diklaim-10-tahun-ini-besarannya

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.