19 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Ini Dia Daftar Aplikasi Chatting yang Populer di Indonesia Dari yang Jadul Hingga Terbaru

Digitren.idSocial media adalah tempat dimana kita melakukan banyak hal seperti memposting foto atau video, melihat info sekitar, menjelajah berita yang ada di dunia, berkomentar di kolom komentar, berbincang dengan teman-teman dan sahabat, melakukan live streaming menggunakan aplikasi chatting yang populer di indonesia dan masih banyak lagi. Bahkan aplikasi chatting kini bisa digunakan sebagai tempat berjualan barang. Dulu aplikasi chatting hanyalah tempat orang-orang mengobrol dan saling kenal di social media.

aplikasi chatting yang populer di indonesia

aplikasi chatting yang populer di indonesia

Berikut ini aplikasi chatting yang populer di indonesia yang pernah kalian gunakan di tahun 2000-an hingga sekarang
  1. BBM (Blackberry Messenger)

Sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi chatting ini, dulu aplikasi chatting ini sangat popular hingga menjadi primadona di zaman kejayaannya. Aplikasi chatting yang banyak digunakan pertama kali diperkenalkan di Smartphone Blackberry yang dulu sangat digandrungi sebagai Smartphone pilihan kalangan atas.

Dirilis pada tahun 2009 di indonesia oleh RIM ( Research In Motion ) suskes dipasarkan pada saat itu. Aplikasi chatting ini dapat dihubungi melalui nomor PIN yang eksklusif dimiliki oleh masing-masing perangkat Blackberry. Banyak fitur yang dapat kita lakukan di aplikasi ini, seperti

  • Menampilkan kontak dan status seseorang
  • Berbagi Berkas Dokumen
  • Percakapan grup
  • Memperbarui status
  • Melihat informasi dan berita
  • Pesan penyiaran ke semua orang
  • Membagi lokasi ke teman
  • Mengubah penampilan avatar

 

Itulah beberapa fitur yang dapat kalian dapatkan di aplikasi chatting yang populer di Indonesia. Semua fitur dapat digunakan secara gratis, sayangnya aplikasi chatting ini sudah resmi ditutup di perangkat android dan ios. Tetapi pengguna Blackberry dengan sistem operasinya masih dapat menggunakan fitur layanan blackberry messenger ini.

Baca juga: Game Android Terbaik Tahun ini 

Aplikasi chatting yang populer di indonesia salah satunya ialah:

  1. Mig33 (Messenger)

Aplikasi chatting yang populer di indonesia ini cukup popular di tahun 2000-an. Dari banyak kalangan remaja dan kalangan orang dewasa menyukai aplikasi chatting ini. Aplikasi chatting yang diluncurkan sejak 2005 ini cukup diminati dan salah satu terbaik di zamannya.

Pengguna dapat Layanan ini dapat diunduh melalui perangkat seluler yang barbasis J2ME/Java, Symbian, Wap, Android dan Blackberry. Untuk perangkat android aplikasi ini berganti nama menjadi MigMe.

Di dalam fitur ini kita dapat melakukan berbagai hal seperti berkomunikasi dengan teman baru, bertemu dengan orang baru, bertukar emoticon, mengirimkan kado virtual dan bermain games. Jadi, buat kalian yang ingin bernostalgia dengan aplikasi jadul ini, kalian bisa mendownloadnya di perangkat Smartphone kalian.

Aplikasi chatting yang populer di indonesia salah satunya adalah:

  1. Nimbuzz Messenger

Selanjutnya ini aplikasi chatting yang digunakan dulu dan sekarang begitu dikenal di perangkat seluler pada zamannya. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2008 ini cukup digunakan untuk kalangan remaja di tahun 2000-an dan menjadi aplikasi chatting terfavorit disaat itu.

Aplikasi mobile social messenger ini, memiliki banyak komunitas popular seperti Skype, Windows Live Messenger (MSN), Yahoo! Messenger, ICQ, Google Talk, AIM serta jaringan sosial Facebook dan MySpace. Aplikasi nimbuzz mobile juga dapat dijalankan di perangkat seluler yang barbasis Java/J2ME, Symbian, Windows Phone dan iPhone.

Fitur dalam aplikasi ini sama seperti yang lainnya yairu melakukan chatting dengan teman, mengirim foto, mengganti profil dan status, melakukan panggilan suara lewat Dial Up atau Volp ( tergantung layananan di masing-masing platform ) dan masuk ke dalam grup. Buat kalian yang ingin mencoba aplikasi ini, silahkan download dan memulai pertemanan di aplikasi ini.

Aplikasi chatting yang populer di indonesia adalah:

  1. Friendster

Nah, kalian pasti tahu sama aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang didirikan pada tahun 2002 dulu sangatlah popular di zamannya, khususnya anak 2000-an pasti tahu dengan aplikasi social ini. Sebenarnya friendster dapat diakses melalui situsnya sendiri. Sekarang friendster sebagai situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik.

Sebelum mengubah jalan layanan, pengguna dapat menggunakan berbagai fitur seperti berkomunikasi dengan anggota lain, berkencan, berbagi berkas konten dan media, berbagi foto dan video serta berkomentar dengan anggota lain. Saat ini friendster masih bisa diakses lewat situsnya. Jadi buat para pengguna setia friendster, kalian bisa memainkan kembali social media ini.

Aplikasi chat android yang banyak digunakan:
  1. eBuddy Messenger

Berikutnya aplikasi chatting yang populer di indonesia ini cukup popular di zamannya. Aplikasi ini didirikan pada tahun 2003 dan menjadi aplikasi java mobile terbanyak dipakai. eBuddy mendukung beragam layanan dan komunitas seperti Instant Messaging (IM), Yahoo!Messenger, Google Talk, MSN Messenger, AIM, ICQ, Facebook dan MySpace IM.

Berbagai fitur yang kita dapatkan dengan eBuddy Messnger seperti:

  • Mengunduh dengan cepat
  • Kecanggihan antarmuka
  • Mendukung layanan pengiriman instan
  • Melihat Profil
  • Mengirim gambar dalam chat
  • Mengirim atau menerima pesan offline
  • Hemat penggunaan data
  • Mengganti avatar atau profil
  • Mengatur dan menambah daftar teman

 

Aplikasi ini juga dapat diakses lewat situs web eBuddy. Kalian bisa download aplikasi messenger ini secara gratis. Untuk pengguna yang ingin bernostalgia menggunakan aplikasi chatting yang terbilang lawas ini. Khususnya pengguna handphone java di tahun tersebut, kalian bisa download secara leluasa di situs Getjar.

Aplikasi chatting yang bisa mencari teman sekitar

  1. Facebook

Sudah tidak asing mendengar aplikasi chatting yang populer di Indonesia masih tetap eksis tanpa batas waktu. Aplikasi yang didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg dan temannya itu sangatlah banyak penggunanya. Layanan social media ini banyak digunakan masyarakat indonesia dalam melakukan banyak hal, terutama untuk sekarang ini yaitu berjualan.

Pada masa itu facebook belum dikenal sebagai aplikasi jualan dan sebagai aplikasi chatting dengan orang baru atau teman terdekat.

Banyak hal yang kita dapatkan dengan aplikasi ini, bukan hanya melakukan jual beli barang saja disini. Kita bisa melakukan chatting bersama teman, mengupload foto atau video ke facebook, memperbarui status, melihat informasi dan berita tanpa adanya hoax, menonton video, bergabung dalam grup, berkomunikasi dengan halaman yang kita sukai dan membuat grup.

Kebutuhan manusia disini berbeda-beda asalkan kita tidak boleh menyebar berita hoax atau palsu di facebook. Melakukan hal-hal positif dan bijak dalam menggunakan facebook. Anda juga bisa belajar facebook marketing untuk memasarkan produk anda di internet dengan metode facebook ads.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online 

Aplikasi chat selain whatsapp
  1. Twitter

Selanjutnya ini salah satu aplikasi pesaing dari facebook yang banyak digunakan dari dulu hingga sekarang ini. Aplikasi chatting yang didirikan tahun 2006 ini cukup banyak digunakan selebriti dan masyarakat di dunia. Layanan sama seperti yang lainnya, kita bisa melihat informasi di sekitar kita dan berkicau dengan memposting foto atau tulisan ke twitter.

Aplikasi ini semacam bentuk kita berinteraksi dengan orang lain dengan saling berkicau di kolom komentar. Jadi buat kalian yang senang menggunakan twitter, kalian pasti tahu penggunaan twitter untuk apa saja.

Aplikasi chat global

  1. Instagram

Sekarang ini aplikasi chatting yang populer di Indonesia paling sering dan banyak digunakan untuk melakukan jualan dan berekspresi yaitu instagram. Diluncurkan pada tahun 2010 ini sangatlah popular hingga saham ini dibeli oleh Mark Zuckerberg dan diakusisi oleh facebook.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto/video,mengambil foto/video, melakukan live streaming, mengirim pesan ke teman atau orang lain, melihat berita dan feeds yang menarik dan juga tempat kita berbelanja atau menjual barang. Banyak hal yang kita gunakan dengan aplikasi ini dengan bijak tentunya.

Aplikasi chatting yang populer di indonesia salah satunya adalah WhatApp
  1. WhatsApp Messenger

Aplikasi chatting yang populer di Indonesia masih tetap eksis hingga sekarang ini. Aplikasi yang didirikan pada tahun 2009 ini sudah banyak sekali digunakan di perangkat smartphone, bahkan wajib ada di smartphone. Pemakaian aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan memasukan nomor handphone teman kalian dan kalian bisa melakukan chatting dengan teman kalian itu.

Selain melakukan chatting kita bisa mengirim foto/video, melakukan video call bersama teman/keluarga atau saudara, mengirim pesan suara, mengubah foto profil, mengunggah postingan di status dan lainnya. Tidak sedikit dari kalian pasti menggunakannya sebagai media jualan dan bisnis.

Itulah beberapa aplikasi chatting yang populer di indonesia mungkin kalian sudah tahu atau belum mencoba beberapa aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi social media dengan Bijak, Benar Dan Tidak Menyebarkan Berita Hoax atau Palsu ke media sosial yang sekarang. Karena zaman sudah berubah dan akan terus berputar, kita harus pintar memanfaatkan waktu dan moment dengan sebaik mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat.