Apa yang Harus Dibaca Saat Mendengar Iqamat Dikumandangkan? - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Apa yang Harus Dibaca Saat Mendengar Iqamat Dikumandangkan?

[

Terdapat bacaan khusus yang disunnahkan Rasulullah SAW mendengar iqamat

digitren.id, JAKARTA – Mantan Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, Syekh Dr Mukhtar Marzuk Abdurrahim. iqamat yaitu امَتِ الصَّلَاة ‘qod qoomatissholaah’.

Dia berusaha meyakinkannya bahwa dia harus menunggu sampai dia bisa menyelesaikannya.

“Mereka yang mendengar kalimat-kalimat iqamat harus mengucapkan ulang sebagaimana yang diucapkan oleh orang yang mengumandangkan iqamat,” tutur dia seperti dilansir ElbaladJumat (18/3).

televisi untuk dua kalimat yaitu اﻟﺼَّﻼَﺓِ “hayya ‘alash sholaah” dan اﻟْﻔَﻼَﺡِ “hayya ‘alal falaah“, maka yang mengucapkan لَا لَ ل ا لَّا اللهِ”“Ini sedang dikerjakan sampai selesai.”

Lalu bagaimana dengan kalimat ‘qod qoomatissholaah’? Apa yang harus diucapkan saat mendengar ini?

Syekh Marzuk Abdurrahim melanjutkan, dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Dawud dengan sana dari sebagian sahabat Nabi Muhammad SAW, bahwa ketika Bilal bin Rabbah mengumandangkan iqamat, dan ketika mengucapkan kalimat “qod qoomatissholaah”maka Nabi SAW mengucapkan ”

امها الله ادامها لني الحى لها “Ilmu adalah yang terbaik dari yang terbaik,” katanya.

Artinya, “Semoga Allah mewujudkan sholat itu dengan kekalnya, dan semoga Allah menjadikan aku ini, dari golongan orang-orang yang sebaik-baiknya ahli sholat.”

“Dibolehkan juga bagi mereka yang mendengar kalimat ‘qod qoomatissholaah’ dalam iqamat, untuk mengucapkan امها الله ادامها ‘Ilmu adalah usiamu’,” jelas Syekh Marzuk Abdurrahim.

Itu ditulis oleh para sahabat Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) Rasulullah SAW membagikan kiriman tentang Bilal sharing ‘qod qoomatissholaah’ dalam iqamat yang dikumandangkannya.

Sumber: elbalad

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r8y3ps320/apa-yang-harus-dibaca-saat-mendengar-iqamat-dikumandangkan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.