17 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

29 Manfaat Algae Spirulina untuk Kesehatan – Alga Spirulina

Digitren.id – Pada zaman Kiwari, suplemen natural lebih disukai daripada vitamin yang tersedia luas di pasaran. Salah satunya yaitu Spirulina. Manfaat Spirulina bisa didapat berkat kandungan gizi yang ada di dalamnya. Spirulina Powder mengandung Antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Spirulina adalah salah satu dari ratusan spesies ganggang dan umumnya dikenal sebagai ganggang hijau biru. Alga termasuk dalam kategori tumbuhan Spirulina, yaitu organisme kecil yang biasanya tumbuh di perairan pedalaman di seluruh dunia. Itu terlihat seperti buih biru-hijau. Warna Alga biasanya berbeda-beda, ada yang biru-hijau, hijau, kuning-hijau, merah, dan coklat. Di seluruh dunia terdapat 8.000 spesies Algae hijau. Dari beberapa jenis utama Alga, Spirulina adalah yang paling mudah dicerna di tubuh.

Alga Spirulina

Alga Spirulina

Tidak seperti pada kebanyakan tanaman herbal lainnya, Spirulina tidak memiliki akar, daun atau batang. Spirulina juga mengandung klorofil dan membawa fotosintesis. Tidak seperti kebanyakan tanaman yang lain, Spirulina mengandung protein dan gula seperti halnya hewan. Selain itu, Spirulina juga mengandung asam lemak esensial, contohnya seperti DHA, dan AA, asam stearidonat, asam linolenat, asam alfa linolenat, asam gamma linolenat. Bermacam-macam-jenis vitamin (B1, B2, B3, B6, asam folat, vitamin C, D, dan E). Beragam jenis mineral seperti: natrium, selenium, fosfor, mangan, magnesium, besi, kromium, kalsium, kalium seng. serta pigmen fotosintesis seperti: zeasantin, beta karoten, santofil, klorofil dan lainnya.

Suku Aztec dari Meksiko memasaknya sebagai makanan pokok. Mereka mengeringkannya dan menyebarkannya pada tortilla. Orang Afrika di wilayah Sahara juga menggunakan Spirulina kering dengan biji-bijian dan sayuran. Di seluruh dunia, Spirulina digunakan sebagai sumber makanan untuk hewan dan manusia.

Kandungan utama Spirulina:

  • Antrospira sp
  • Karbohidrat
  • Asam lemak
  • Serat
  • Vitamin A,B,E
  • Protein Alga biru

Alga Spirulina memiliki beragam mineral, diantaranya:

  1. Beta carotene
  2. Klorofil
  3. Asam amino essential dan non essential
  4. Mangan
  5. Zinc
  6. Besi
  7. Magnesium
  8. Fosfat
  9. Kalsium
  10. Sodium
  11. Potasium

Spirulina mengandung antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini sangat bergizi dan merupakan sumber protein, klorofil, vitamin, mineral, dan asam amino yang sangat baik. Alga Spirulina memiliki 26 kali kalsium susu. Ini juga mengandung fosfor, B12, zat besi yang mudah dicerna. Ini adalah makanan yang aman tanpa efek samping dan mudah disimpan. Bahkan, itu disebut makanan masa depan. Spirulina bisa digunakan untuk mengobati anemia, katarak, diabetes, gangguan pencernaan, glaukoma, hepatitis, dan ketidakseimbangan fisik serta membantu penurunan berat badan.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang manfaat Spirulina untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Spirulina dipercaya dapat mengurangi atau mencegah beberapa respons alergi dan memblokir pelepasan histamin dari sel mast (sel yang mengandung granula yang kaya akan histamin dan heparin) selama alergi. Dengan ini, Spirulina dapat mencegah atau mengurangi efek histamin. Termasuk kontraksi otot, ekspansi pembuluh darah, dan asam lambung.

Siapa saja yang butuh Spirulina ?

  • Penderita diabetes
  • Orang yang badannya lemah
  • Kerap makan makanan cepat saji
  • SeringKali merasa capek, stress
  • Orang yang gampang terserang flu
  • Orang yang terserang Hiperlipidemia
  • Orang yang terkena gangguan fungsi hati
  • Anak- dan remaja dalam masa pertumbuhan
  • Orang yang mengalami penyakit pembuluh darah jantung
  • Terlalu lama kerja didepan komputer atau telepon genggam
  • Menjalani diet ketat, jarang sarapan dan makan kurang teratur
  • Mereka yang menjalani radioterapi dan kemoterapi sesudah operasi tumor/kanker.
Alga-Spirulina-Algae

Alga Spirulina Algae

Sifat antioksidan dan penambah kekebalan tubuh pada Spirulina dapat membantu melawan kanker. Ini juga membantu melepaskan faktor tumor Necrosis Alpha, bahan kimia dalam tubuh yang menyerang sel-sel tumor. Selain melawan kanker, Spirulina juga dapat menghalangi masuknya sel virus ke sel inang. Beberapa virus, termasuk HIV, dapat dibunuh atau dirusak oleh Alga Spirulina dalam uji coba. Kandungan gizi dan antioksidan pada Alga Spirulina sungguh bagus untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya, Alga sprirulina sering kali dijuliki sebagai Superfood. Selain mempunyai sejumlah manfaat buat kesehatan, Alga Spirulina juga berkhasiat untuk kecantikan dan dipakai untuk perawatan wajah seperti masker. Masker Spirulina dapat memberikan hasil yang luar biasa pada kulit wajah. Fungsinya dapat untuk melembabkan kulit, mencerahkan kulit, membantu pertumbuhan rambut dan sebagai anti penuaan dini pada wajah.

Spirulina adalah zat nutrisi yang sangat kuat, NASA menyatakan bahwa, “Nilai gizi 1 kg Spirulina setara dengan 1.000 kg dari berbagai macam buah dan sayuran.” Spirulina mengandung 85 persen protein, ini lebih banyak jika dibandingkan dengan 20 persen protein pada daging sapi. Alga Spirulina mengandung semua asam amino esensial. Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, Alga Spirulina sangat tinggi vitamin dan mineral. Spirulina Adalah sumber gizi dengan kandungan nutrisi paling komplit yang diperlukan oleh tubuh, menambah peredaran O2 dalam darah dan otak, mengaktifkan metabolisme dan meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat Spirulina:

  1. Meningkatkan imunitas
  2. Memperkuat tubuh melawan bermacam-macamjenis penyakit menular dan radiasi
  3. Membantu menuntaskan masalah diabetes
  4. Membantu proses penyembuhan penyakit pembuluh darah jantung
  5. Melengkapi asupan nutrisi pada anak-anak
  6. Menyehatkan dan mempercantik kulit

Algae Spirulina tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan bubuk. Untuk satu sendok makan bubuk Spirulina, beratnya sekitar 7.000 mg (7 gram). Alga Spirulina dapat membantu proses penyembuhan penyakit serius seperti Hepatitis dll. Konsumsi Alga Spirulina sebanyak yang Anda inginkan; dapat digunakan sebagai sumber protein utama dalam makanan. Alga Spirulina juga cocok untuk sajian smoothie; bisa juga ditaburkan pada makanan dengan campuran kayu manis. Bubuk Spirulina dapat ditambahkan ke jus buah, sayuran atau ke hidangan harian Anda agar lebih bergizi. Enak juga dicampur pada sup, salad, pasta, atau dicampur dengan yoghurt.

Neoalgae Spirulina

Neoalgae merupakan makanan astronout yang terbuat dari tumbuhan Mikroalga yang memiliki jumlah sel hanya satu, yang tumbuh dengan cara membelah diri, mempunyai ukuran 30 mikron, mempunyai pigmen yang komplit, diantaranya: klorofil, betecaroten dan psikosianin. Neoalgae dikembangan dengan menggunakan teknologi paten NEO-01 dan berikut pemegang hak paten produksi Spirulina air tawar di Indonesia yang tidak ada tandingannya. Neoalgae telah diakui semua dunia, serta telah di ekspor ke beberapa negara Korea, Singapura, Singapura, Jepang, India, Amerika dan Eropa.

Kandungan yang terdapat pada Neoalgae Spirulina:

1. Zink 3X Bawang Putih
2. Gama Linolenic Acid (GLA) 3X Evening Primrose
3. Mineral Kalium 10X Sayuran
4. Asam Folat 3X Susu Formula Bayi
5. Betacaroten 26X Wortel
6. Omega 3, 6 dan 9 2X Minyak Ikan
7. Vitamin E 3X Tunas Gandum
8. Vitamin B12 6X Hati Sapi
9. Kalsium 5X Susu Sapi
10. Klorofil 3X Daun Alfalfa
11. Zat Besi 68X Bayam
12. Protein 4X Daging Sapi

Efek Samping Neoalgae Spirulina:

Konsumsi Neoalgae akan mengalami respon detoksifikasi dalam kurun waktu 5 hingga 14 hari (tergantung kondisi tubuh setiap orang). Respon ini bisa berupa frekuensi BAB yang bertambah, badan menjadi sedikit hangat, pusing, mual, gatal. Gejala ini dinamakan Healing Crysis, yakni tubuh menjalankan proses pengeluarakan racun dari dalam tubuh, mengobati fungsi organ tubuh, metabolisme tubuh, membakar lemak menjadi energi. Gejala yang demikian itu tak sama pada tiap-tiap orang, mereka yang kondisi tubuhnya bagus jarang merasakan gejala tersebut.

Manfaat Spirulina Neoalgae:

  1. Mengurangi Penyakit Karena Radiasi
  2. Menjaga kesehatan Tulang
  3. Membantu mengobati Hepatitis C
  4. Menjaga agar Kulit tetap sehat
  5. Membantu mengendalikan HIV/AIDS
  6. Menghilangkan Jamur Candida
  7. Mengatasi gejala PMS
  8. Membantu menurunkan berat Badan
  9. Membantu mengatasi penyakit Hati/Liver
  10. Membantu mengatur kadar Gula
  11. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot
  12. Efektif dalam menangani Anemia
  13. Melindungi Kolesterol LDL dari Oksidasi
  14. Sebagai Unsur nti Inflamasi
  15. Antioksidan yang kuat
  16. Melindungi Otak
  17. Meningkatkan memori dan kinerja Akademis
  18. Meningkatkan kekebalan Tubuh
  19. Membantu mengatasi Kanker dan Tumor
  20. Mengontrol Kolesterol
  21. Mengatur Tekanan Darah
  22. Mengatasi Alergi
  23. Penangkal keracunan