7 Ciri-Ciri Menopause yang Umum Dialami Wanita selain Perubahan Siklus Menstruasi - Digitren Indonesia
Beranda » Kesehatan » 7 Ciri-Ciri Menopause yang Umum Dialami Wanita selain Perubahan Siklus Menstruasi

Digitren.id – Setiap wanita mengalami menopause. Menopause terjadi ketika seorang wanita berhenti menstruasi, biasanya antara usia 45 dan 55 tahun. Karakteristik menopause penting untuk dipahami oleh setiap wanita.

Diketahui bahwa wanita antara usia 45 dan 55 mengalami menopause selama 12 bulan berturut-turut. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian dan ciri-ciri siklus menstruasi yang disebutkan oleh situs tersebut. WebMD, Jumat (4/2/2022).

Menopause pada wanita

Apa itu menopause?

Menopause adalah akhir dari siklus menstruasi wanita. Istilah ini dapat merujuk pada perubahan yang dialami wanita sebelum atau setelah menopause, mengakhiri tahun-tahun reproduksi wanita.

Baca lebih lajut:
Disfungsi ereksi merupakan penyakit yang harus diwaspadai pria, penyebab dan gejalanya.

Menopause adalah bagian normal dari penuaan yang terjadi setelah usia 40 tahun. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami menopause lebih awal. Ini bisa jadi akibat operasi, misalnya, jika telur mereka dikeluarkan dari rahim, atau kerusakan pada indung telur atau kemoterapi. Itu biasanya terjadi 40 tahun yang lalu.

Menopause pada wanita. (Schutterstock)

Ciri-ciri menopause

Kebanyakan wanita mengalami hot flash saat mereka mendekati menopause, sensasi panas tiba-tiba menyebar ke tubuh bagian atas mereka, seringkali dengan keringat dan keringat di wajah mereka. Kilatan ini bisa ringan hingga parah bagi kebanyakan wanita. Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut.

  1. Menstruasi adalah ketidakseimbangan.
  2. Kekeringan vagina
  3. payudara yang menyakitkan
  4. Mereka ingin buang air kecil lebih sering
  5. Susah tidur
  6. Perubahan emosi
  7. Kulit kering, mata atau mulut

Setelah mengalami gejala-gejala seperti yang dijelaskan di atas, maka wanita menopause terlihat sejumlah gejala lain di bawah ini.

  • Kelelahan
  • Depresi
  • Frustrasi
  • Detak jantung
  • Sakit kepala
  • Nyeri dan nyeri sendi dan otot
  • Penambahan berat badan
  • Rambut rontok
  • Perubahan hasrat seksual

Fase menopause

Baca lebih lajut:
Suntikan Covid-19 Perpanjang Siklus Menstruasi, Ini Hasil Penelitian!

Setiap wanita mengalami menopause alami. Tahapan menopause alami adalah sebagai berikut.

PermenopazTahap ini biasanya dimulai beberapa tahun sebelum menopause, yang menyebabkan ovarium Anda secara bertahap mengurangi kadar estrogennya. Perimenopaz berlangsung sampai menopause, ketika ovarium berhenti melepaskan telur.

Mati haid, Tahap ini adalah berhenti haid selama satu tahun jika sedang haid. Ini karena ovarium berhenti melepaskan sel telur dan berhenti memproduksi sebagian besar estrogen.

PascamenopauseTahap ini terjadi selama menopause. Gejala menopause, seperti hot flashes, biasanya berkurang. Tetapi masalah kesehatan yang terkait dengan defisiensi estrogen meningkat seiring bertambahnya usia.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian dan ciri-ciri menopause lengkap dengan prosesnya. Saya harap informasi ini bermanfaat.

Sumber: https://www.suara.com/health/2022/02/04/152738/7-ciri-ciri-menopause-yang-umum-dialami-wanita-selain-perubahan-siklus-menstruasi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.