6 Amalan Menyambut Bulan Ramadan yang Bisa Dilaksanakan Umat Islam - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » 6 Amalan Menyambut Bulan Ramadan yang Bisa Dilaksanakan Umat Islam

[

Saling Memaafkan

Amalan menyambut bulan Ramadhan selanjutnya adalah saling memaafkan. Saat memasuki bulan Ramadhan, kamu harus suci lahir dan batin. Suci secara lahir artinya seperti menjaga kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Sementara itu, suci batin adalah suci dari segala pikiran buruk, dendam, dan masalah hati lainnya.

Oleh karena itu, dalam menyambut bulan Ramadhan menghadapi umat Muslim saling memaafkan. Ini salah satu kesalahan pada orang lain dan membersihkan hati. Dengan begitu, bulan Ramadhan akan terasa ringan untuk dijalani.

Menyambut Ramadhan dengan Penuh Gembira

Amalan sebelum bulan Ramadhan yang tak penting adalah menyambut bulan suci ini dengan penuh suka cita. Amalan ini termasuk ke dalam amalan hati. Caranya adalah dengan bersyukur karena telah dipertemukan kembali pada bulan suci Ramadhan. Mulianya bulan Ramadhan menjadikan bulan ini begitu istimewa dan harus disambut dengan penuh kegembiraan. Selama bulan Ramadhan, pahala akan dilipatgandakan dan dosa akan dihapuskan.

Rasulullah SAW dan para sahabatnya untuk merayakan bulan Ramadhan dengan mudah, dan menikmati hari raya. Seperti yang telah dijelasakan dalam sebuah hadis Dorrutun Nasihin, yang artinya, “siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Dalam menyambut bulan ramadhan, sebaiknya kamu mempelajari kembali ilmu agama dan ilmu tentang keutamaan ramadhan. Ilmu sangat dibutuhkan sebelum berkata dan beramal. Ini karena syarat yang diterima amal setelah ikhlas adalah mutaba’ah, yaitu amal tersebut harus benar dan sesuai dengan syari’at dan sunnah.

Maka dari itu, memperdalam kembali ilmu agama tentang ramadhan sangat penting dilakukan. Kali ini Anda akan dapat memanfaatkan ibadah fiqh kesepuluh pada bulan ramadan dengan sebaik-baiknya. Contohnya antara lain fiqh puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

Sumber artikel : https://hot.liputan6.com/read/4916557/6-amalan-menyambut-bulan-ramadan-yang-bisa-dilaksanakan-umat-islam?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.