5 Sahabat yang Namanya Diganti Rasulullah SAW, Ada Hasan dan Husain - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » 5 Sahabat yang Namanya Diganti Rasulullah SAW, Ada Hasan dan Husain

[

Penitentti nama sahabat oleh Rasulullah SAW bentuk

digitren.id, JAKARTA. Namun Rasulullah SAW menasihati umatnya ketika memilih nama anak-anaknya agar memilihkan nama-nama yang baik dan indah. Dalam hal pemilihan nama ini, Nabi SAW juga mengubah nama beberapa sahabatnya.

Dilaporkan di El-Masrawy, Kamis (24/3), bisa didownload sahabat Nabi Muhammad SAW yang namanya diganti langsung oleh Rasulullah SAW.


Pertama, Hasan dan Husain

Sayyidina Ali bin Abi Thalib terlebih dahulu menginginkan anaknya diberi nama dengan nama Harb. Hazrat Ali bin Abi Thalib adalah kepala staf Hasan didatangi oleh Rasulullah SAW.

Beliau bertanya, “Dinamai apa anak ini?” Ali menjawab, “Harb.” Kemudian Nabi berkata lagi, “Tidak. Namanya Hasan.” Dalam kasus kekhalifahan Al-Husain, Sayyidina Ali juga memiliki nama Harb, dan nama Nabi Muhammad (saw) adalah nama Husain.


KeduaZaid Al-Khair

Zaid Al Khair atau Zaid bin Muhalhal, Abu Maknaf Al-Tai. Dia dikenal sebagai Zaid Al-Khail dalam pra-Islam, dan dia adalah anggota Islam, Nabi Muhammad SAW berbagi Zaid Al-Khair.

Saat itu Zaid datang menemui Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Zaid dikenal dengan gaya Arab pra-Islam atau Jahiliyah. Ketika sampai di Madinah, Nabi SAW menyambut dan menikmatinya.

Nabi kemudian berkhutbah di hadapan kaum Muslimin, dan Zaid merasa tergugah dengan kata-kata Nabi Muhammad SAW. Dan ketika hendak mencoba khutbahnya, Zaid berdiri di hadapan semua orang dengan suara nyaring, “Wahai Muhammad, saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.”

Nabi Muhammad SAW kemudian bertanya kepada Nabi, “Siapa engkau?”, Zaid menjawab, “Saya Zaid Al-Khail bin Muhalhal.” Nabi pun kemudian berkata, “Tidak. Namamu adalah Zaid Al-Khair. Segala puji bagi Allah yang membawamu dari dataran dan gunungmu, dan melunakkan bisa.”


Ketiga, Safinah

Rasulullah SAW adalah pemilik Mawla dari Badui. Dikatakan bahwa namanya Mahran dan dikatakan pula bahwa dia adalah Rabah. Kemudian Nabi menamainya Safinah, karena dia sedang dalam perjalanan dan setiap orang yang melemparkan barang bawaannya ke atasnya, sehingga dia membawa banyak barang bawaan musafir.

Nabi berkata kepadanya, “Kamu adalah Safinah.” Dan Safinah menerima judul asli kitab ini, yang dibacakan oleh Rasulullah SAW, dan dibacakan olehnya.

Safinah lalu bertanya, “Lanjutkan di punggungku. Rasulullah SAW, ‘Bawalah, karena kamu adalah sebuah kapal (Safinah) dan jika kamu membawa seekor unta dan dua unta pada hari itu, itu tidak akan terlalu berat ketinggiannya,”.


KeempatZainab binti Abi Salamah

Nabi SAW serge mengganti nama yang tidak disukai karena beberapa alasan, dan Zainab binti Abi Salamah mendesain “Barra”, yang memuat yang terbaik dari yang terbaik. Dan nama Zainab sama dengan patchnya.

Zainab meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengubah namanya menjadi Zainab, bersama dengan Zainab binti Jahsh juga.


KelimaJamilah binti Tsabit

Jamilah binti Tsabit diproduksi oleh Abu Al-Aflah Al-Ansari, putra Sayyidina Umar bin Khattab. Ibn al-Atheer meriwayatkan bahwa namanya Asiyah, dan ketika dia masuk Islam, Rasulullah memberinya nama dengan nama Jamilah.

Sumber: masrawy

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r99cm6320/5-sahabat-yang-namanya-diganti-rasulullah-saw-ada-hasan-dan-husain

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.