18 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

5 Penyebab Utama Gusi Bengkak Sakit dan Berdarah

Digitren.id – Hampir semua orang pasti pernah merasakan yang namanya gusi bengkak. Tak jarang, beberapa orang yang mengalami gusi bengkak merasa frustasi karena rasa nyeri yang disebabkannya. Karena hal tersebut, semua orang yang mengalamai gusi bengkak pasti ingin segara mengobatinya, karena kondisi tersebut dapat sangat mengganggu aktivitas seseorang setiap saat. Ingin tahu lebih dalam tentang penyebab gusi bengkak? Baca terus sampai habis ya.

penyebab gusi bengkak

penyebab gusi bengkak

Gusi adalah suatu lapisan yang melapisi rahang manusia, baik itu rahang atas maupun rahang bawah. Gusi juga terdiri oleh kumpulan sel darah yang berukuran kecil dan berjejeran dengan rapat. Hal itulah yang menyebabkan warna pada gusi menjadi merah muda. Namun jika gusi kita bengkak, warna pada gusi akan berubah menjadi merah tua, bahkan adapula yang ujungnya berwarna kuning yang disebabkan adanya nanah.

Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2011 oleh synovate, menunjukan bahwa 5 dari 10 orang Indonesia sudah pernah mengalami gusi bengkak, selain survey tersebut, pada tahun 2013 yang lalu juga dilakukan sebuah survey oleh IPSOS Consumer Tracking yang menyatakan bahwa penduduk di Indonesia yang menderita masalah pada gusi bertambah 9 % dari tahun sebelumnya. Umumnya, gusi bengkak disebabkan oleh berbagai macam hal. Namum, dibawah ini kami akan menjelaskan diantaranya 5 Penyebab Gusi Bengkak yang dapat menyebabkan masalah gusi bengkak.

  1. Kekurangan Gizi

Kurangnya beberapa asupan Vitamin dan Mineral dapat menyebabkan gusi bengkak. Kekurangan Vitamin C dapat menurunkan daya tubuh sehingga gusipun akan mudah terkena infeksi. Kekurangan Vitamin C juga dapat menyebabkan Anemia dan Radang Gusi. Selain Vitamin C, Gusi juga memerlukan asupan gizi lainya seperti Vitamin B, Asam Folat dan Kalsium.

  1. Infeksi pada Gusi

Dalam dunia medis, Infeksi pada gusi biasa disebut dengan Gingivitis. Banyak juga orang yang tidak mengetahui bila dirinya sedang menderita Gingivitis. Hal ini dikarenakan Gingivitis tidak memiliki gejala yang terlihat. Jika tidak langsung diatasi, Kondisi seperti ini dapat menyebabkan tulang yang menahan gigi jadi melemah. Akibatnya, gigipun akan mudah terlepas dengan sendirinya tanpa adanya hal yang memicunya. Biasanya, Gingivitis disebabkan karena kebersihan gigi yang kurang dijaga. Jika dalam waktu yang lama gigi dan gusi tidak dibersihkan, akan muncul plak yang menempel pada Gusi. Jika semakin lama dibiarkan, plak tersebut akan mengeras dan dapat pula menyebabkan infeksi karena plak akan menyebar ke bagian lainya dan cenderung sulit dihilangkan.

  1. Gigi Berlubang

Gusi bengkak juga bisa terjadi karena factor gigi berlubang. Pasalnya, gigi yang berlubang akan membuat sisa makanan dapat tersangkut pada lubang gigi. Jika sisa makanan tersangkut, otomatis, bakteripun akan muncul dan terkumpul dilubang tersebut. Kemudian, kuman dan bakteri akan menyerang pembuluh darah dan sel saraf pada akar gigi yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Selain itu, peradanganpun akan terjadi saat kondisi seperti ini dan dapat juga mengakibatkan gusi bengkak.

  1. Menderita Leukimia

Umumnya, penderita leukemia merasakan banyak masalah yang terjadi pada gusinya seperti gusi berdarah, gusi lunak maupun gusi bengkak, kondisi tersebut dapat terjadi karena setiap penderita Leukimia memiliki sel darah putih muda yang masuk ke dalam jaringan gusi dalam jumlah yang banyak, masalah yang terjadi pada gusi juga bisa terjadi akibat kemoterapi yang dilakukan oleh penderita leukemia.

  1. Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi pada manusia berlangsung dari bayi hingga dewasa. Gigi yang paling lama tumbuhnya adalah gigi geraham bagian paling belakang. Biasanya, bagian ini tumbuh disaat berusia 18 sampai 21 tahun. Namun, ada juga yang baru tumbuh gigi geraham belakangnya pada usia 30 tahun atau bahkan sampai 35 tahun.

penyebab gusi bengkak

penyebab gusi bengkak

Saat gigi tumbuh, umumnya tidak merasakan rasa sakit ataupun efek yang ditimbulkannya. Namun, ada juga sebagian orang yang merasakan nyeri saat tumbuhnya gigi geraham ini. Hal tersebut terjadi karena pembengkakan yang terjadi pada gusi. Bila pembekakan yang terjadi pada gusi ini berlangsung lama, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Pasalnya, gusi bengkak dapat menyebabkan pertumbuhan gigi tidak lurus karena diakibatkan oleh sempitnya ruang untuk pertumbuhan gigi.

Nah, itulah tadi 5 Penyebab Gusi Bengkak. Jadi, diharapkan anda dapat mengantisipasinya sebelum gusi anda bengkak. Semoga ulasan ditas dapat menjadi referensi informasi yang bermanfaat untuk anda.