5 Jenis-jenis Insomnia, Mana yang Paling Umum? - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » 5 Jenis-jenis Insomnia, Mana yang Paling Umum?

[

Jenis-jenis insomnia dan penjelasannya. Mana yang paling umum, apa pemicunya?


Peranan tidur sangat penting bagi kesehatan setiap organ dan sistem organ. Jadi tidak cukup tidur dapat menyebabkan hal-hal buruk. Salah satu gangguan tidur yang paling umum adalah gangguan tidur.

Kondisi ini membuat orang sakit sulit tidur dan bisa menyerang siapa saja di kalangan manapun. Kurang tidur dapat membuat seseorang tampak tidak peka, mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi pada aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya bisa berlangsung selama beberapa hari, insomnia juga bisa terjadi selama berminggu-minggu atau bahkan lebih lama. Secara umum, ada beberapa jenis insomnia tergantung dari gejala, penyebab dan durasinya.

Baca lebih lajut: Gejala Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jenis insomnia yang umum

Menurut beberapa sumber terpercaya, insomnia biasanya dibagi menjadi lima jenis: insomnia akut, kronis, dan kronis. Mulai, perbaiki, Dan BIC

Berikut ini adalah penjelasan rinci dari masing-masing jenis kurang tidur.

1. Kurang tidur akut

Penyebab paling umum dari insomnia adalah insomnia akut. Sesuai dengan namanya, insomnia ini berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

Dilaporkan dari Jalur KesehatanJenis kurang tidur ini disebut kurang tidur karena umumnya disebabkan oleh peristiwa yang tidak menyenangkan dan membuat stres. Misalnya, ketika Anda kehilangan orang yang Anda cintai dalam kematian atau ketika Anda terbiasa dengan pekerjaan baru.

Selain kecemasan, kurang tidur spontan dapat terjadi pada banyak kasus, antara lain:

  • Lokasi baru yang tidak biasa atau tidak biasa, seperti hotel, rumah teman, atau rumah baru.
  • Kebisingan yang berlebihan, panas atau cahaya.
  • Tempat tidur atau kasur yang tidak nyaman.
  • Ketidaknyamanan fisik seperti nyeri atau kurang tidur.
  • Obat-obatan tertentu.
  • Penyakit akut dan alergi.
  • penat terbang Atau efek samping akibat jalan-jalan jauh.

2. Insomnia kronis

Kutipan dari ObatJika seseorang mengalami kesulitan tidur selama tiga hari dalam seminggu selama sebulan, ia dikatakan menderita insomnia kronis. Ada dua jenis insomnia kronis: primer atau hati dan sekunder atau komorbiditas.

Menurut definisi, kurang tidur primer tidak memiliki penyebab yang jelas atau masalah kesehatan kronis. Sementara itu, kurang tidur kronis sekunder memiliki penyebab yang jelas dan lebih umum daripada kurang tidur kronis primer.

Lantas, apa saja penyebab insomnia kronis? Berikut beberapa pemicunya:

  • Kondisi medis kronis seperti diabetes, penyakit tiroid, Parkinson, sleep apnea dan hipertiroidisme.
  • Kondisi psikologis, termasuk depresi, kecemasan, skizofrenia, dan gangguan bipolar.
  • Obat-obatan tertentu seperti obat antihipertensi, kemoterapi, anti-kecemasan dan Pemblokiran beta.
  • Kafein dan stimulan otak lainnya seperti alkohol dan nikotin.
  • Sering bepergian untuk mengalami gaya hidup, seperti jet lag, waktu tidur dan tidur yang tidak teratur serta kerja shift.
  • Peningkatan usia.

3. Insomnia Awal

Insomnia mulai Ini adalah jenis insomnia yang sulit untuk dimulai dan dapat menyebabkan insomnia jangka pendek atau jangka panjang.

Yayasan tidur Kebanyakan orang dengan insomnia mengatakan. mulai Mereka tidak bisa tidur bahkan setelah 20 sampai 30 menit di tempat tidur.

Menurut sebuah studi tahun 2009 Jurnal Terapi TidurOrang dengan insomnia kronis sering mengalami masalah tidur lainnya, seperti sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome).Sindrom Kaki Gelisah (RLS) Atau deformitas tangan atau kaki musiman.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum insomnia.

  • Penyakit kronis.
  • Kecemasan, kekhawatiran dan kecemasan.
  • Kafein dan stimulan lainnya.
  • Perubahan dan kelainan lingkungan.

Baca lebih lajut: Risiko insomnia pada tubuh, efeknya bisa fatal

4. Insomnia Memperbaiki

Insomnia Memperbaiki Ini adalah suatu kondisi di mana individu merasa sulit untuk tertidur atau bangun terlalu dini dan tertidur lagi.

Mulai dari Jalur Kesehatan, Insomnia Memperbaiki Ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan kronis atau kondisi psikologis seperti depresi, kecemasan atau stres.

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan untuk insomnia Memperbaiki:

  • Asma dan masalah pernapasan lainnya.
  • Hidung tersumbat dan alergi sinus.
  • Sindrom kaki gelisah (Sindrom kaki gelisah / RLS).
  • Asidosis lambung.
  • Penyakit kronis.
  • Apnea tidur.

5. Insomnia Perilaku Anak (BIC) Atau insomnia pada anak-anak

Kesehatan UCLA menyatakan bahwa Insomnia Perilaku Anak (BIC) Ini mempengaruhi sekitar 25% anak-anak. Ada tiga subtipe dari jenis insomnia ini:

  • BIC Onset tidur, Artinya, hasil dari hubungan negatif dengan tidur, seperti belajar tidur melalui batu atau menyusui. Selain itu, menonton TV saat tidur juga bisa menjadi penyebabnya. BIC jenis ini dapat diobati dengan mengikuti pola tidur yang sehat dan mempelajari teknik relaksasi.
  • posisi batas BIC, Anak BIC disebabkan oleh kurang tidur atau keterlambatan. Contoh perilaku termasuk pergi ke kamar mandi, meminta minum, atau meminta orang tua untuk membacakan cerita lain.
  • jenis kombinasi BIC, Artinya, kombinasi dari dua subtipe BIC. Jenis kondisi ini terjadi ketika bayi memiliki hubungan negatif dengan tidur dan tidak ada bimbingan yang tegas dari orang tua atau wali jika ia menolak untuk tidur.

Baca lebih lajut: Cara cepat tidur untuk insomnia, tidur

Nah, itulah jenis-jenis gangguan tidur yang umum dialami orang. Perlu diketahui bahwa kurang tidur berkepanjangan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Oleh karena itu, kenali penyebabnya agar Anda bisa menghilangkan penyebabnya. Untuk orang dewasa, tidurlah minimal 7 hingga 8 jam agar tubuh lebih kuat dan hangat dengan melakukan aktivitas sehari-hari!

Referensi

Penulis Jam Lee

Sumber artikel : https://www.Digitren.com/blog/dis-jenis-insomnia-hlt/

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.