4 Sunnah Rasulullah SAW Ketika Memakai Sandal yang Mulai Diabaikan - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » 4 Sunnah Rasulullah SAW Ketika Memakai Sandal yang Mulai Diabaikan

[

Rasulullah SAW membagikan sandal kesayangannya

digitren.id, JAKARTA— Rasulullah SAW merupakan salah satu masyarakat yang baru pertama kali datang ke negara kita.

Hadits-hadits berikut ini menjelaskan bagaimana sunnah Rasulullah SAW saat memakai sandal dalam kehidupan sehari-hari :


Pertama,

الله ل الله لى الله ليه لم ال:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah pernah berkata, “Janganlah di antara kalian berjalan dengan sandal sebelah. Hendaklah keduanya atau melepaskan keduanya.”


Kedua,

ابر – الله -: النبي لى الله ليه لم ل – – الرجل اله

Dar Jabir radhiyallahu ‘anhu menjelaskan, “Sesungguhnya Nabi SAW itu sangat laki-laki karena memiliki lekukan yang kuat dan sangat cocok dengan sandal.”


Ketiga,

– الله – لى الله ليه لم ال:

Dari Abu Hurairah RA, ia menjelaskan, “Sesungguhnya Nabi SAW bersabda,” Bila salah seorang di antara hendak memakai sandal, hendaklah Anda memulainya dari yang sebelah kanan.Dan bila dia melepaskannya, maka hendaklah dimulai dengan yang sebelah kiri.pertama kali dipasangi sandal dan yang terakhir kali dilepas.”


Keempat,

Diriwayatkan oleh Qutaibah, dari Malik dan diriwayatkan pula oleh Ishaq bin Musa dari Ma`an dari Malik dari Abu Zinad dari A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah RA, dari perawi Aisyah RA:

ائشة – الله ا – الت: ان ل الله لى الله ليه لم التيمن ا استطاع له ، له

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhaia berkata, “Rasulullah menyenangi bagian yang sebelah kanan dan diusahakannya tenaga, tatkala bersisir, memakai sandal juga sewaktu bersuci.”

Dalam hal ini, Abu Hurairah RA menggunakan sandal Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) untuk berdoa. Demikian pula halnya dengan sandal denal Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu putra Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Sedangkan orang yang pertama kali mengikatkan adalah Utsman bin Affan radhiyallah anhu.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9nolh320/4-sunnah-rasulullah-saw-ketika-memakai-sandal-yang-mulai-diabaikan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.