19 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

4 Jenis Sakit Perut, Gejala Dan Cara Mengobatinya

4 Jenis Sakit Perut, Gejala Dan Cara Mengobatinya – Hampir semua orang yang hidup di dunia ini, pasti pernah merasakan yang namanya sakit perut. Selain rasanya yang menyakitkan, tidak sedikit pula orang yang jengkel atau terkadang malah frustasi dibuatnya. Rasa sakit yang disebabkan sakit perut bisa berbeda – beda tergantung jenis dan seberapa parahnya. Jika sakit perut baru saja terjadi, bisanya disebut sakit perut akut. Sedangkan jika sudah lama terjadi dan tidak kunjung sembuh, dapat dikatakan dengan sakit perut kronis. Jika demikan, diperlukan penanganan dokter untuk langkah yang lebih tepat.

Jenis Sakit Perut

Jenis Sakit Perut

Jenis sakit perut terdiri oleh berbagai macam, penyebab dan cara mengobatinyapun biasanya berbeda pada tiap jenisnya. Oleh sebab itu, dibawah kami akan berbagi informasi tentang 4 Jenis Sakit Perut, Gejala Dan Cara Mengobatinya. Namun jika sakit perut yang Anda alami sudah masuk ke dalam golongan kronis, segeralah pergi ke dokter untuk konsultasi.

Batu Ginjal

Penyebab

Adanya batu yang berada di dalam saluran buang air kecil Anda. Batu tersebut bisa disebabkan oleh air kapur yang Anda konsumsi. Biasanya, rasa sakit yang ditimbulkan akan datang secara tiba – tiba dan hilang secara tiba – tiba. Namun parahnya, rasa sakit ini akan menjadi – jadi disaat Anda membuang air.

Gejala

Rasa sakit yang berada pada perut bagian kiri dan menjalar sampai ke bagian kelamin, rasa nyeri ini diakibatkan karena merengganya saluran kencing karena tertutup oleh batu.

Cara Mengobati

Rasa sakit yang disebabkannya dapat Anda atasi dengan berbagai merk obat di apotek. Namun jika penyakit ini sudah terlalu parah, datanglah ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan operasi untuk mengangkat atau mengeluarkan batu yang ada dari saluran air kencing.

Maag

Penyebab

Maag bisa disebabkan beberapa makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol ataupun ubi. Beberapa minuman juga dapat menyebabkan sakit maag seperti soda, kopi ataupun alkohol. Selain 2 hal tersebut , maag juga bisa diakibatkan oleh factor stes, merokok dan mengomsumsi obat – obatan tertentu.

Baca juga: Habbatussauda Sebagai anti peradangan infeksi dan luka

Gejala

Rasa Sakit yang biasanya berada pada bagian ulu hati. Saat maag, Anda juga akan merasakan perut kembung, mual, ingin bersendawa atau kentut untuk mengeluarkan angin, muntah dan cenderung cepet kenyang.

Cara Mengobati

Seperti halnya batu ginjal, maag juga dapat diredakan dengan obat antimag yang bisa didapatkan di apotek atau supermarket. Tapi jika tidak kunjung sembuh setelah mengomsumsinya, disarankan untuk pergi ke dokter karena dikuatirkan oleh indikasi penyakit serius lainnya.

Usus Buntu

Penyebab umumnya, faktor utama penyebab usus buntu adalah bakteri atau kuman yang berada di dalam usu. Namun, ada berbagai mitos yang mengatakan bahwa usus buntu disebabkan oleh cabai.

Gejala

Usus Manusia terletak di bagian kanan bawah. Oleh itu, Jika terkena usus buntu, rasa sakit akan menyerang pada perut bagian tersebut. Tak jarang, rasa nyeri yang disebabkan akan sangat sakit jika Anda sedang bergerak atau melakukan aktifitas lain. Rasa nyeri ini juga biasanya dibarengi dengan meriang.

Cara mengobati

Jika ada rasa nyeri yang menyerang pada bagian kanan bawah perut, periksalah ke dokter. Jika Anda positif terkena usus buntu, hal  mutlak yang harus dokter lakukan kepada Anda adalah melakukan operasi jika dalam waktu yang lama tidak segera dilakukan operasi, alhasil akan berdampak pada pecahnya usus akan menyebar ke semua bagian dalam perut.

Sembelit

Penyebab

Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar lemak yang Anda komsumsi, selain itu sembelit juga bisa disebabkan karena beberapa hal medis seperti peradangan yang terjadi pada dinding usus, usus yang terlalu menonjol ke posisi yang tidak lazim dan karena faktor penyakit kanker.

Gejala

Terjadi Rasa sakit yang berada pada bagian tengah perut atau tepatnya di pusar. Rasa sakit ini juga bisa datang dan pergi secara tiba – tiba. Hal ini dapat terjadi karena susah buang air besar.

Cara mengobati

Anda dapat mengkonsumsi berbagai merk obat pelancar buang air besar yang banyak beredar di pasaran.

Jenis sakit perut pada wanita dan pria tak jauh beda, namun keduanya mengalami hal yang tidak menyenangkan. Hal ini bisa menjadi sakit yang tidak begitu kronis atau bahkan sangat parah. Namun, bukan masalah itu yang menjadi tolok ukur, yang terpenting adalah mencari tahu dulu apa penyebab dari sakit perut yang mendasarinya.

Mungkin penyebab dari sakit perut pada setiap individu bisa berbeda dan biasanya dokter akan memberi tahu kepada Anda tentang penyebab sakit perut yang diderita. Sebagian besar penyebab sakit perut tidak serius dan Anda tidak perlu khawatir tentang rasa sakit yang Anda alami. Tetapi sangat disarankan agar Anda mengetahui penyebab dan gejala yang memerlukan penanganan khusus, sebelum hal serius muncul.

Penyebab sakit perut ada beberapa faktor, diantaranya:

  • Sembelit
  • Sindrom iritasi usus
  • Masalah pencernaan
  • Radang usus buntu
  • Alergi makanan dan
  • Keracunan makanan bagi pelaku diet
  • Masuk angin
  • Menstruasi (bagi wanita)

Penyebab lain sakit perut termasuk bisul, penyakit radang panggul, hernia, batu empedu, batu ginjal, endometriosis, penyakit Crohn, infeksi saluran kemih dan penyakit refluks gastro-esofagus (GORD).

Jenis sakit perut berdasarkan letaknya

Jika Anda berobat ke dokter, ia akan menjelaskan alasan sakit perut Anda dengan melakukan pemeriksaan fisik secara mendalam dan memastikan penyebabnya dengan memberikan pertanyaan kepada Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini terkait dengan area di mana rasa sakit itu, apakah termasuk jenis sakit perut sebelah kanan atau kiri, seberapa parah itu, apa jenisnya (mungkin seperti ada jarum yang menusuk Anda atau rasa sakit yang membakar), berapa lama Anda mengalami rasa sakit dan pertanyaan yang lain terkait dengan sakit perut Anda.

Jenis Sakit Perut

Jenis Sakit Perut

Demikianlah tadi informasi seputar 4 Jenis Sakit Perut, Gejala Dan Cara Mengobatinya. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memerlukan obat herbal untuk beberapa jenis sakit perut tersebut, ada baiknya mencoba produk herbal dari Herballove yaitu Xenza Gold.