3 Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » 3 Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

[

digitren.id, JakartaSalah satu sistem keamanan dan keselamatan yang wajib ada dalam sepeda motor adalah rem. Dari berbagai jenis rem, salah satu jenis rem yang banyak digunakan adalah rem cakram.

Rem cakram banyak digunakan karena rem ini memiliki kestabilan yang baik dalam kecepatan kendaraan sepeda motor, jenis matik atau non matik. Selain itu, rem cakram mampu menciptakan radiasi panas yang lebih baik dan memeiliki komponen utama yang simpel.

Namun, tahukah Anda bagaimana cara merawat rem cakram pada sepeda motor? Postingan ini untuk merawat rem cakram sepeda motor, dikutip dari suzuki.co.id, Selasa, 1 Maret 2022.

  1. Rutin membersihkan kaliper

Rem cakram memiliki sifat yang terbuka dan di jalanan banyak debu dan kotoran yang bertebaran serta berisiko untuk menempel pada kanvas rem maupun piston. Jika hal itu terjadi, kinerja dua komponen tersebut tidak akan maksimal dan karenanya Anda harus rutin membersihkannya dari kotoran.

  1. Rutin mengecek dan mengganti minyak rem

Kimerja rem cakram sangat dihargai dengan minyak rem. Hal ini karena kinerja rem cakram yang mengandalkan piston yang terdapat dalam master rem.

Master rem memiliki fungsi untuk menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram ketika pengendara motor menarik tuas rem. Salah satu hal penting yang menentukan apakah piston lancar dalam menjalankan fungsi adalah pompa hidraulik yang bekerja menggunakan minyak rem. Oleh karena itu, rutin untuk selalu mengecek dan mengganti minyak rem untuk memaksimalkan kerja rem cakram.

  1. Selalu cek kaliper masih dalam kondisi baik

Jika Anda belum pernah menembak, Anda berhutang pada diri sendiri untuk mencobanya. Karena jika kaliper dalam kondisi goyang, peran yang berfungsi untuk mencengkeram piringan cakram ketika pengendara motor menarik tuas rem akan berisiko cepat. Hal ini terjadi karena bagian-bagian tertentu dari kaliper akan terus bergesekan dengan piringan rem cakram.

Akibat dari hal tersebut adalah ketika sepeda motor dipacu akan terasa tersendat-sendat.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Ingin Ganti Motor Tim Patroli Perintis Presisi

EIBEN HEIZIER

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1566013/3-cara-merawat-rem-cakram-sepeda-motor

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.