15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

15 Cara Menghadapi Kegagalan Yang Terbukti Ampuh dan Sukses

Digitren.id – Hidup bagaikan roller coster, tidak sempurna. Ada suka ada duka ada keberhasilan dan adapula kegagalan. Kegagalan dalam hidup adalah sesuatu yang wajar karena tidak semua yang kita rencanakan bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan sehingga kita harus tahu cara menghadapi kegagalan.

cara menghadapi kegagalan

cara menghadapi kegagalan

Kegagalan yang dialami saat ini menjadi bagian dalam hidup anda. Seolah-olah semua usaha yang ada anda lakukan hanyalah sia-sia. Seolah-olah dunia sedang menertawakan yang anda alami saat ini. Dengan pemikiran negatif, membuat anda lupa cara menghadapi kegagalan itu sendiri.

Ada sebuah hikmah dan pembelajaran hidup yang bisa diambil dari sebuah kegagalan. Namun, saat kegagalan menghadiri, pikiran dan perasaan yang muncul tentunya cenderung negatif. Hal tersebut naluriah dalam diri manusia, nikmati saja pikiran dan perasaaan tersebut sebagai cara menghadapi kegagalan.

Cara Meminimalisir Kegagalan

Setiap orang memiliki jatah gagal. Sekalipun, kegagalan yang dialami tidak sama. Tetapi, bukan berarti kamu harus tenggelam dalam keterpurukan, hidup ini terus berjalan dan usiamu terus bertambah. Kamu masih diberi kesempatan untuk melanjutkan kehidupan dengan lebih baik asal kamu tahu cara menghadapi kegagalan tersebut.

Untuk meraih tujuan hidup yang kamu inginkan, ingatlah bahwa hidup adalah proses. Tidak ada yang instan di dunia ini. Anda harus mengalami proses dari kegagalan satu ke kegagalan lainnya. Anda tidak bisa menuntut dunia memahami kondisi anda. Dengan begitu, diri anda yang harus tahu cara menghadapi kegagalan itu.

Akan tetapi, anda jangan sampai lupa bahwa anda memiliki orang-orang yang mencintai anda dengan tulus. Mereka yang selama ini hadir untuk anda, baik kondisi sedih maupun senang. Mereka tidak ingin melihat anda terus terpuruk dan tenggelam dalam kesedihan, sehingga cara menghadapi kegagalan perlu anda lakukan.

Cara Menyikapi Kegagalan Dalam Hidup

Baca juga: Peluang Usaha Yang Mudah dan Menguntungkan

Kegagalan bukan hal yang mudah diterima oleh manusia. Hal itu disebabkan oleh ekspektasi yang kita ciptakan sendiri. Setiap diri kita tentunya ingin berhasil tetapi hidup selalu penuh kejutan sehingga kita harus bisa menerimanya. Cara menghadapi kegagalan menjadi hal penting dalam fase seperti ini.

Cara menghadapi kegagalan memang terlihat sulit jika belum dicoba terlebih dahulu. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa, semua tergantung dari diri sendiri. Kita yang menentukan hidup kita mau dibawa kemana karena kita adalah peran utama, sementara mereka yang hadir di sekitar anda adalah peran pendukung.

Nah, dengan demikian, bagaimanakah cara untuk menghadapi kegagalan dalam hidup mengenai perkara apapun? Supaya anda tidak terus-menerus memikirkan kegagalan dan berlarut-larut dalam kekecewaan. Di artikel ini, akan dipaparkan satu per satu cara dan penjelasannya, semoga anda mau mempraktekkan ya!

Kiat Sukses Menjalani Hidup
  • Tarik Nafas Panjang

Cara menghadapi kegagalan yang paling mudah dilakukan dengan cobalah untuk menarik nafas dengan panjang sambil menutup matamu, nikmati udara yang masuk ke dalam saluran pernafasanmu, hempaskan secara perlahan. Lakukanlah secara berulang, sampai kamu benar-benar tenang.

  • Mindfulness

Sadarilah dirimu dengan penuh di saat ini, bukan dengan mengingat dan menyesali masa lalu yang membuatmu gagal, perhatikan hal-hal sekitar dan nikmati apapun yang ada di depanmu sekarang, syukuri moment itu. Hal tersebut menjadi cara menghadapi kegagalan yang menyenangkan.

  • Bersyukur

Jika kamu sadar, masih banyak hal positif yang bisa kamu nikmati saat ini, bersyukurlah. Cara menghadapi kegagalan dengan bersyukur bisa membangkitkan semangatmu dan membuka pikiran bahwa kamu punya kesempatan untuk memperbaiki.

Cara Bangkit Dari Kegagalan

  • Menulis Jurnal

Menulis dapat menjadi pilihan alternative apabila kamu belum bisa mencurahkan segala pikiran dan perasaan kamu ke orang-orang yang kamu percaya atau kamu memang tipe yang tidak mau bercerita ke orang-orang terdekatmu. Hal ini tentunya cara menghadapi kegagalan yang bisa kamu lakukan dengan santai.

  • Evaluasi Diri

Evaluasi dirimu secara jujur dalam sebuah jurnal atau buku. Tulislah semua penyebab kegagalanmu dan rancang rencana selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan. Cara mengatasi kegagalan dengan hal tersebut, membentukmu menjadi manusia yang lebih bijaksana kedepannya.

  • Menggambar

Gambarlah apapun sesuai dengan mood kamu saat itu. Ingat, bagus atau tidak bukanlah hal penting. Lakukanlah sampai kamu bener-bener puas dan hatimu lega. Ternyata, kita akan sadar bahwa cara menghadapi kegagalan tidaklah sesulit itu.

  • Mendekatkan diri pada Tuhan

Cara mengatasi kegagalan yang paling bisa mendamaikan hati adalah mendekatkan diri pada Tuhan. Kamu memang gagal dalam suatu perkara tetapi, ingat kamu punya Tuhan. Dia yang lebih besar dari masalahmu saat ini, yakinlah Dia yang mampu memberikan jalan keluarmu.

Tips Mengatasi Kegagalan

  • Ingatlah kamu adalah manusia yang kuat

Di fase kegagalan, cara menghadapi kegagalan yang esensial ialah kamu menyadari bahwa kamu memiliki kekuatanmu sendiri. Buktinya kamu masih bisa bertahan hingga saat ini, menandakan banyak hal sebelumnya yang telah kamu lewati. Kalau dulu kamu kuat, berarti kamu akan tetap kuat kedepannya.

  • Bersabarlah

Bersabar adalah cara menghadapi kegagalan yang mudah diucapkan tetapi sulit dipraktekkan. Bersabar menghadapi kegagalanmu dan bersabar dalam menjalani proses. Bersabarlah, semua yang baik membutuhkan waktu, tidak instan seperti yang kamu harapkan. Badai tidak akan selamanya.

  • Menghibur diri

Banyak cara untuk bisa menghibur dirimu sebagai cara mengatasi kegagalanmu. Pilih yang biasa kamu lakukan atau sesuatu yang baru yang dirasa cukup menyenangkan. Dengan begitu, lambat laun segala yang negatif dapat berubah menjadi positif.

  • Mengapresiasi diri sendiri

Stop untuk menyalahkan dirimu. Kamu sudah ada di titik ini, berilah apresiasi terhadap diri sendiri. Ciptakan afirmasi positif terhadap dirimu. Ini merupakan cara mengatasi kegagalan yang jarang dilakukan orang-orang. Lakukanlah dan kamu akan merasakan ketenangan.

  • Belajar dari kisah kegagalan orang lain

Pengalaman hidup orang lain tentunya bisa menjadi pembelajaran untuk kita. Cara mengatasi kegagalan seperti ini bisa membuka pikiran bahwa semua orang pernah gagal dan mampu melewatinya. Terapkan hal-hal baik dari kisah orang lain sehingga kamupun akan dekat dengan keberhasilan.

Terus Berusaha Pantang Menyerah

  • Minta Dukungan Positif dari Orang Terdekat

Saat mengalami kegagalan, berat bagi kita untuk berpikir positif. Cara mengatasi kegagalan tersebut dengan meminta dukungan positif dari orang terdekat. Dukungan mereka akan menguatkan anda dalam menjalaninya dan menjalankan rencana baru.

  • Yakin bahwa kegagalan bukanlah akhir

Kegagalan yang dialami jangan membuat anda putus asa. Anda harus yakin, kegagalan yang anda alami saat ini, akan berakhir dan akan menemui keberhasilan di kemudian hari. Cara mengatasi kegagalan seperti itu bisa membuat anda menjadi bersemangat kembali

  • Tidak Mudah Menyerah

Apapun kegagalan anda saat ini, anda jangan mudah menyerah. Setiap hari adalah hari baru untuk mengejar mimpi. Hal klise sebagai sebuah cara mengatasi kegagalan namun bekerja untuk diri anda. Apabila anda yakin bahwa anda tidak mudah menyerah, semesta akan mengamini. Percayalah hal itu.