Beranda » Tech » Cara Mempercepat Loading Windows 10 yang Lemot

Digitren.id – Ada beberapa cara mempercepat loading windows 10 yang lemot mulai dari mengurangi transparansi, uninstall aplikasi dan lain sebagainya.

mempercepat loading windows

mempercepat loading windows

Loading laptop yang lambat sangat menggangu pengguna terutama bagi mereka yang ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Alih-alih kerjaan tersebut cepat kelar malah yang terjadi sebaliknya. Oleh karena itu sebelum berpikir untuk mengganti laptop dengan yang baru anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mempercepat kinerjanya.

Tapi langkah-langkah ini juga tergantung dari penyebab laptop lambat. Dan ada banyak penyebabnya mulai varian laptop yang sudah lama, RAM yang terganggu dan lain sebagainya.

Baca juga: Emulator Game Android

Cara Mempercepat Loading Windows 10 Yang Lemot

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya ada banyak faktor yang menjadi penyebab utama mengapa laptop anda lemot.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja laptop tersebut? Ada beberapa cara. Cara tersebut akan diulas dalam artikel kali ini. Nah berikut disajikan 10 cara mempercepat loading windows 10 dengan mudah dan berhasil.

  1. Mengatur transparansi

Pada dasarnya, menu start yang terdapat pada windows 10 tembus pandang alias transparan. Namun transparansi ini ternyata membebani sumber daya laptop. Dampaknya, laptop jadi lemot.

Untuk mengurangi penggunaan sumber daya dari layar transparan ini ada baiknya ada menonaktifkan transparansi tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah silahkan klik SettingPersonalizationColor dan geser ke kanan untuk menonaktifkan transparansi pada tulisan Start, Taksbar and Action Center transparent.

  1. Nonaktifkan efek visual khusus

Di Windows 10 terdapat banyak sekali efek khusus yang disadari ataupun tidak disadari oleh pengguna. Termasuk didalamnya soal transparansi, bilah tugas dan efek visual lain.

Oleh karena itu, jika anda ingin mempercepat loading windows 10 ada baiknya anda menonatifkan efek semacam ini dengan cara klik Start> lalu klik System.

Setelah itu klik Advanced System Setting untuk membuka menu System Properties. Pada tab Advanced dibawah Perfomance klik Settings.

Baca juga: Ini Dia Rahasia Mempercepat Windows 10 yang Lemot Terbukti Ampuh

Pada tahap ini akan terbuka menu baru yang merupakan menu Opsi Kinerja. Di tab Visual Effect, pilih Adjust for best performance untuk mematikan semua efek dan animasi yang tidak diperlukan.

Anda juga bisa memilih menonatifkan efek visual Costum dan mengahapus pilihan efek visual yang menurut anda tidak penting agar tidak terlalu membebani perangkat. Setelah itu klik Ok untuk terapkan perubahan.

  1. Nonaktifkan startup

Jika komputer atau laptop anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk booting meskipun anda sudah mengatifkan fitur fast startup mungkin di perangkat anda tersebut banyak program yang aktif dilatar belakang.

Untuk mengatasinya anda bisa menonaktifkan program startup. Caranya, klik Start> lalu klik Task Manager. Setelah itu klik Startup [Jika anda tidak melihat tab startup untuk beberapa jenis laptop, silahkan klik more details].

Disini anda akan ditampilkan puluhan program yang aktif. Silahkan pilih dengan teliti mana program yang tidak digunakan namun aktif dilatar belakang. Jika anda melihat program-program yang tidak perlu silahkan untuk menonaktifkannya.

Sebenarnya anda juga dapat menonaktifkan daftar program startup berdasarkan dampaknya, yang berarti anda ingin melihat penggunaan program yang memakan terlalu banyak sumber daya. Hal ini perlu dilakukan juga berkaitan dengan cara download peta offline windows 10.

  1. Manfaatkan fitur pemecahan masalah kinerja bawaan Windows

Windows 10 memiliki opsi pemecahan masalah kinerja bawaan yang dapat membantu anda menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kecepatan Windows 10 yang anda gunakan.

Baca juga: Download tiktok bisa dapet uang

Untuk membuka menu ini, silahkan klik kanan pada tombol Start> klik Control panel. Dibagian bawah Security and Maintenance> klik Troubleshoot computer problems. Selanjutnya, dibawah System and security> silahkan klik Run maintenance tasks.

  1. Mengurangi waktu Booting

Saat komputer dihidupkan, menu boot akan ditampilkan untuk jangka waktu tertentu sebelum sistem operasi dimuat. Ini memberi waktu bagi anda untuk membuka versi windows safe mode.

Anda juga dapat mengurangi waktu booting selama beberapa detik dari waktu startup dengan mengubah batas waktu booting yang diatur secara default selama 30 detik.

Untuk melakukan langkah ini, silahkan klik kanan pada tombol start> klik Control Panel. Setelah itu silahkan klik SystemAdvanced systems settings dan dibagian bawah Startup and Recovery klik Settings.

Disamping tulisan Time to display list of operating systems silahkan ubah nilainya dari 30 detik menjadi 10 detik lalu klik OK.

  1. Nonaktifkan pemberitahuan dan tindakan

Sebagai upaya untuk membantu pengguna, Windows 10 terkadang memberikan tips dan trik tentang cara memaksimalkan kinerja sistem operasi yang digunakan.

Program ini pada dasarnya berusaha memindai komputer anda dari jarak jauh, yang berarti ada program lain yang berjalan dilatar belakang sehingga berdampak langsung pada kinerja Windows 10.

Baca juga: Software Pembuat Musik Terbaik

Untuk menonatifkan hal ini, klik StartSettingsSystemNotifications & actions lalu matikan Get tips, tricks and suggestions as you use windows.

  1. Disk Cleanup

Yang ini adalah salah satu solusi yang cukup populer untuk meningkatkan kinerja desktop atau Laptop anda. Cara ini pda dasarnya berusaha membersihkan ruang pada hard drive sudah basi atau tidak digunakan lagi.

Disk Cleanup sudah ada disetiap perangkat namun utilitas windows paling terpercaya ini dapat membantu membersihkan file sementara, installer dan sampah lainnya yang mengotori hard Drive anda. Untuk menjalankan pembersihan Disk silahkan klik tulisan Clean up system files.

  1. Kurangi bloatware

Jika di Windows 10 anda terlalu banyak aplikasi yang di install padahal aplikasi tersebut tidak dibutuhkan atau sama sekali tidak pernah digunakan anda bisa menonaktifkannya.

Hal ini berlaku juga untuk semua aplikasi yang anda install jika nantinya aplikasi tersebut jarang digunakan. Untuk menonaktifkan ini silahkan klik Kanan pada menu StartControl Panel> pilih Programs> lalu klik Uninstall a program.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Baca dengan teliti daftar program yang ditampilkan dari waktu ke waktu lalu pilih program mana yang tidak lagi dibutuhkan. Jika ada silahkan klik copot pemasangan yang terletak dibagian atas atau klik kanan pada Mouse atau toucepad lalu klik tulisan Uninstall.

  1. Hemat daya

Pastikan anda tidak menggunakan berbagai aplikasi penghemat daya jika perlu. Bahkan, desktop kadang-kadang akan menampilkan opsi hemat daya, yang sebenarnya tidak ada gunannya kecuali jika anda coba menghemat masa pakai baterai.

Untuk menonatifkan fitur ini silahkan buka Control PanelHardware and Sound> lalu klik Power Options untuk melihat rencana daya yang digunakan. Untuk kinerja yang lebih baik, pastikan anda memilih pilihan High performance atau Balance.

Baca juga: Emulator Game Android Paling Populer

  1. Restart kembali

Ada cara paling ampuh untuk mempercepat komputer anda dan ini tidak membutuhkan berbagai pengaturan teknis seperti yang sudah dijelaskan diabagian atas yakni dengan merestart kembali perangkat yang digunakan.

Dengan melakukan Restart berarti anda menghentikan semua proses yang mungkin memakan banyak memori dan sumber daya atau anda bisa mematikan komputer anda dan meninggalkan beberapa saat.

Penutup

Mempercepat kinerja Windows 10 adalah salah satu hal yang wajib dilakukan apalagi jika setiap hari atau setiap saat anda berurusan dengan komputer baik itu desktop atau laptop.

Untuk mempercepat anda bisa mengikuti metode-metode yang sudah dijelaskan diatas. Terkadang juga, penyebab laptop anda lemot karena faktor-faktor teknis lain seperti RAM, Hard Drive dan sistem operasi yang anda gunakan.

Karena semua fitur dan aplikasi ini memiliki peran masing-masing yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab utama mengapa laptop anda lambat.

Demikian artikel tentang 10 cara mempercepat loading Windows 10 yang lemot. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.