Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Manfaat Stem Cell » √ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan lebih cepat! Order Langsung
Bagikan ke

√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786

Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya – Stem Cell, sel induk, sel batang (bahasa Inggris: stem cell) adalah sel yang belum berdiferensiasi & mempunyai potensi yg sangat tinggi buat berkembang menjadi banyak jenis sel yg tidak selaras di dalam tubuh. Stem Cell juga berfungsi menjadi sistem perbaikan untuk menggantikan sel-sel tubuh yg sudah rusak demi kelangsungan hidup organisme. Saat Stem Cell terbelah, sel yg baru memiliki potensi yang permanen sebagai Stem Cell atau menjadi sel dari jenis lain dengan fungsi yang lebih spesifik, misalnya sel otot, sel darah merah atau sel otak.
√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
Saat ini Indonesia sudah mempunyai 2 lembaga yg dapat mengolah Stem Cell dengan harga hanya sepersepuluh Stem Cell impor, padahal diperlukan hingga tiga serum Stem Cell buat penyembuhan suatu penyakit, tergantung dari tingkat kondisi penyakitnya. Kedua lembaga tersebut telah mencukupi kebutuhan nasional dan akan terus mempertinggi produksinya menggunakan alat-alat laboratorium baru. Stem Cell nasional telah dapat diterapkan dalam 20 jenis penyakit, tetapi baru lima jenis Stem Cell yg sudah bisa dikembangkan secara massal.

Sifat Stem Cell

Stem Cell mempunyai dua sifat penting yang tidak ada pada sel yang lain:
Stem Cell belum adalah sel dengan spesialisasi fungsi namun dapat memperbaharui diri dengan cara pembelahan sel bahkan setelah tdk aktif pada waktu yang lama.
Dalam situasi eksklusif, Stem Cell bisa diinduksi utk menjadi sel dengan fungsi eksklusif misalnya sel jaringan juga sel organ yg memiliki tugas tersendiri. Pada sumsum tulang & darah tali pusar (bahasa Inggris: umbilical cord blood), Stem Cell secara teratur membelah dan memperbaiki jaringan yg rusak, meski demikian pada organ lain seperti pankreas atau hati, pembelahan hanya terjadi dalam kondisi tertentu.

Peneliti medis meyakini bahwa penelitian Stem Cell berpotensi untuk mengganti keadaan penyakit manusia dengan cara memperbaiki jaringan atau organ tubuh eksklusif. Namun, hal ini sepertinya belum dapat benar-benar diwujudkan dewasa ini.

Baca juga: Apa Itu Stem Cell

Penelitian Stem Cell dapat dikatakan dimulai pada tahun 1960-an selesainya dilakukannya penelitian sang ilmuwan Kanada, Ernest A. McCulloch & James E. Till.

Macam-macam Stem Cell
Sel-sel induk bisa digolongkan berdasarkan potensi yang dimiliki sang sel tersebut dan juga berdasarkan asalnya.

Berdasarkan potensi:
Sel induk ber-totipotensi (toti=total) merupakan sel induk yg memiliki potensi utk berdiferensiasi menjadi semua jenis sel, yaitu sel ekstraembrionik, sel somatik, & sel seksual. Jenis sel ini bisa bertumbuh sebagai organisme baru jika diberikan dukungan maternal yg memadai. Sel induk bertotipotensi diperoleh berdasarkan sel induk embrio, output pembuahan sel telur sel sperma.

 

Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya

Sel induk ber-pluripotensi (pluri=jamak) merupakan sel-sel yang bisa berdiferensiasi sebagai seluruh jenis sel pada tubuh, namun tdk bisa membangun suatu organisme baru.
√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
Sel induk ber-multipotensi merupakan sel-sel yg dapat berdiferensiasi sebagai beberapa jenis sel dewasa. Sel induk ber-unipotensi (uni=tunggal) merupakan sel induk yang hanya dapat menghasilkan satu jenis sel eksklusif, tetapi mempunyai kemampuan memperbarui diri yg tdk dimiliki oleh sel yg bukan sel induk.

Berdasarkan asalnya:
Stem Cell embrio (embryonic stem cells)
Sel induk ini diambil berdasarkan embrio pada fase blastosit (lima-7 hari setelah selesainya pembuahan). Massa sel bagian mengelompok dan mengandung sel-sel induk embrionik. Sel-sel diisolasi menurut massa sel pada bagian & dikultur secara in vitro. Sel induk embrional bisa diarahkan menjadi semua jenis sel yg dijumpai pada organisme dewasa, misalnya sel-sel darah, sel-sel otot, sel-sel hati, sel-sel ginjal, & sel-sel lainnya.

Baca juga: Manfaat Stem Cell

Sel germinal/benih embrionik (embryonic germ cells)

Sel germinal/benih (seperti sprema/ovum) embrionik induk/primordial (primordial germ cells) dan prekursor sel germinal diploid terdapat sesaat dalam embrio sebelum mereka terasosiasi dengan sel somatik gond dan lalu menjadi sel germinal. Sel germinal embrionik insan/human embryonic germ cells (hEGCs) termasuk Stem Cell yg asal berdasarkan sel germinal primordial berdasarkan janin berumur 5-9 minggu. Stem Cell jenis ini memilki sifat pluripotensi.

Stem Cell fetal

Stem Cell fetal adalah sel primitif yang bisa ditemukan dalam organ-organ fetus (janin) misalnya Stem Cell hematopoietik fetal & progenitor kelenjar pankreas. Stem Cell neural fetal yg ditemukan pada otak janin menunjukkan kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel neuron dan sel glial (sel-sel pendukung pada sistem saraf sentra). Darah, plasenta, dan tali pusat janin kaya akan Stem Cell hematopoietik fetal.

√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786
Sel induk mesenkimal
Stem Cell dewasa (adult stem cells)
Stem Cell dewasa memiliki 2 karakteristik, karakteristik pertama merupakan sel-sel tersebut bisa berproliferasi utk periode yg panjang dalam memperbarui diri. Karakteristik kedua, sel-sel tadi bisa berdiferensiasi untuk membuat sel-sel khusus yang memiliki ciri morfologi dan fungsi yang khas.

Stem Cell kanker (cancer stem cells)
Stem Cell kanker merupakan sel yang mengaktivasi lintasan onkogenik berupa tumorigenesis yang membuat sel normal mengalami fase inisiasi tumor, tetapi Stem Cell kanker tidak memiliki sifat tumorigenik. Dari data terakhir, ditemukan keberadaan Stem Cell kanker dalam berbagai jenis kanker misalnya leukimia, kanker payudara, kanker otak, kanker otak, kanker usus besar  & kanker kulit. Stem Cell kanker pankreas mempunyai kluster diferensiasi CD44, CD24 & epithelial-specific antigen, selain SDF-1 (stromal cell-derived factor 1)/CXCR4 buat bermigrasi seperti Stem Cell normal, serta aktualisasi diri genetik lebih tinggi berdasarkan Stem Cell normal, seperti gen BMI-1 & SHH (Sonic hedgehog) buat memperbaharui diri.

Baca juga: Harga Stem Cell HL Green Herballove

Terima kasih telah berkunjung
Salam berbagi bersama Herballove so Amazing ?

SEMOGA BERMANFAAT…???

√ Apa Itu Stem Cell dan Fungsinya ⭐ Pengertian Stem Cell | WA 081327570786

Berat 100 gram
Kondisi Baru
Dilihat 9 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: